Thursday, August 30, 2012

Secuplik Memori tentang Bapak


Well, bentar lagi kami sekeluarga memperingati 2 tahun 'pulangnya' Bapak ke rumah Tuhan..
Masih sedih? Pastilah. Bokap gue asli orangnya baik. Bukan karena gue anaknya, tapi pengakuan itu datang dari orang-orang yang kenal beliau. Gue aja barusan mewek pas bikin stiker buat suvenir besok. Tiap liat foto bokap lagi ketawa, gue seneng tapi sekaligus pilu juga. Karena senyum itu cuma bisa gw liat dalam bentuk gambar..

Bokap yang dulu ngga pernah maksa gue buat ngerjain kerjaan rumah (dia lebih milih untuk kerjain sendiri), bokap yang gak pernah maksa gue untuk sekolah di sekolah pilihannya, bokap yang selalu setia nganterin gue ke sekolah.

Gue jadi inget waktu TK, waktu gue ditinggal bokap gw cuma diem, gak nangis kayak anak-anak lain..

Gw inget waktu SMP, bokap nungguin gue pulang sekolah sampe ketiduran di atas motor vespanya.. Sampe semua temen gue kenal sama bokap gue yang setia sama vespa kesayangannya.

Gue jadi inget waktu SMA, gw dengan kurang ajarnya males-malesan tes di Sanur, malah maunya sekolah di tempat yang jauh. Ketika keterima di Tarki gue janji kalo gue mau berangkat sendiri ke sekolah, tapi ternyata bokap gue gak tega ngebiarin gue naik bis dan malah nganter gue ke sekolah. Coba aja bayangin, dari Kemayoran ke Kebayoran Baru terus dia abis itu pergi ke Kota? Belom lagi drama gue waktu masuk SMA, bokap gue suruh nawar ke Kepsek Gonz untuk nego supaya gue diterima di Gonz.. dan beliau bener melakukan itu.

Gw jadi inget waktu gue ujian SPMB, bokap beli 3 koran yang berbeda, dengan alasan polosnya, "Ya siapa tau kalo nama kamu gak nongol di koran yang satu, eh bisa nongol di koran yang lain." OHOOKK gw langsung ketawa! Bapak.. bapak.. ya gak mungkinlah namaku munculnya gak merata di koran lain kalo emang gak diterima! :D

Inget lagi waktu les inggris.. Bokap setia anter jemput, kalo dapet nilai Excellent pasti langsung ditraktir Jecky. Hehehe. Sampe Ms. Imelda hafal sama bokap, sampe Mas Jecky juga hafal sama bokap. Sampai suatu hari Mas Jecky nanya, "Apa kabar Bapak, Mbak?" dan gue cuma bisa jawab, "Bapak udah ga ada, Mas Jecky."

Gue inget 2 tahun lalu, tanggal-tanggal segini adalah hari dimana gue ibarat ngekos di RSPAD.. gak ngekos juga sih, tapi semacam pindahan tapi ganti-gantian. Nungguin bokap di rumah sakit, yang udah nggak sadar, mungkin beliau udah jalan-jalan.

Gue selalu inget, saat kami melarang bokap untuk hujan-hujanan ke Paskalis, demi ikut pertemuan pemandu kitab suci, kalo gak salah hari Senin. Bokap akhirnya diongkosin naik bajaj supaya gak terjadi apa-apa di jalan.

Gue inget, hari Selasa tgl 17 Agustus 2010, itu adalah hari terakhir gue novena St. Antonius bareng Bokap. Karena pas lagi hari kemerdekaan, kita sebelum misa nyanyi lagu Indonesia Raya, dan bokap langsung pasang sikap sempurna kayak lagi upacara, nyanyi Indonesia Raya dengan mantap..

Gue inget hari Rabu gue ulangtahun dan nyokap masak bakso karena gue suka bakso, dan bokap malah makan rawon hari kamisnya. dan ya.............................

Jumat bapak ambruk dari tempat tidur.
Selama kurang lebih 3 minggu bapak terbaring di rumah sakit, dengan kondisi sadar cuma 3 hari, selebihnya nggak.. Gw inget bokap makan anggur untuk terakhir kalinya saat dia sadar.

Gue inget gue kasih ciuman terakhir buat bokap sesaat dia menghembuskan nafas terakhir.. Di saat masa kritis bapak masih ngeh kalo anaknya belum kumpul semua.. dia belum mau pergi sampai semua ada disitu.

Gue inget akan niat pelayanan bapak buat orang-orang gak setengah-setengah. Total. Gue merasa bapak benar-benar perpanjangan tangan Tuhan. Gue bangga akan kesan-kesan orang kepada Bapak. Gue bangga saat lihat begitu banyak orang yang meluangkan waktu untuk melihat Bapak terakhir kali.. Everybody loves u, Pak..

Pak, Monik udah beleweran air mata. Udah ya Pak. Love u so much Pak.

How are you up there Pak?

No comments:

Post a Comment