Wednesday, June 20, 2012

Beberapa Pertanyaan yang (Mungkin) Tidak Terjawab Seumur Hidup

Pernah mendengar pepatah "semakin banyak tahu, maka semakin sadar kita bahwa banyak pula hal yang belum kita ketahui"?

Gue dari kecil punya kebiasaan yang rada ngeselin, yaitu suka nanya hal-hal absurd ke orang, dan kalo gak bisa jawab guenya maksa terus marah. Hahaha. Sekarang pas udah gede sih udah gak segitu frontalnya, tapi dulu gue suka bikin pusing orang-orang tua yang gue paksa untuk kasih kejelasan. Berikut pertanyaan gue yang mungkin ampe sekarang pun belum ada yang bisa jawab secara faktual dan terpercaya.

1. Jika dikatakan bahwa Adam dan Hawa adalah manusia pertama, dan mereka memiliki 2 anak, dan keduanya adalah laki-laki, lalu kita ini keturunan siapa? Berasal darimana? (Pertanyaan ini pernah saya lontarkan kepada ayah saya, ketua lingkungan, pastor, guru agama, orang nggak kenal).
Perkiraan jawaban saya: Adam memang manusia pertama, tapi bukan tidak mungkin Tuhan menciptakan manusia kedua, ketiga, keempat, dst; namun tidak pernah diceritakan di kitab suci / catatan sejarah lainnya. Jadi, kemungkinan anak Adam, atau anak manusia angkatan pertama lainnya saling berpasangan dan beranak cucu hingga sekarang. Tapi ingat cerita tentang Nabi Nuh yang selamat dalam bencana besar air bah? Hanya keluarga dia yang selamat, berarti kita semua keturunan Nabi Nuh dong? (pertanyaan beranak-pinak)

2. Yang benar mana, manusia diciptakan sejak Tuhan menciptakan dunia dan segala isinya ATAU manusia berasal dari revolusi kera?
Kalau ini sih sudah sering dibahas ya.. Kalau kata guru sejarah saya, sejarah dengan agama itu sesuatu yang tidak bisa digabung. Ibarat rel kereta, mereka berada di posisi berseberangan, yang jika digabung akan mencelakakan kereta yang berjalan di atasnya. Tapi gimana dong? Gue tetep aja penasaran mana yang bener.. Penasaran secara manusiawilah, dan ini belum ada perkiraan jawaban, jadi yang bisa jawab gue kasih goceng.

3. Di luar galaksi bimasakti, apakah ada semacam galaksi bimasakti lainnya? Artinya ada matahari lain, bumi lain, dan planet-planet lain yang memiliki "kehidupan"nya sendiri.. Jika ada, apakah peradaban mereka lebih maju? Apakah mereka tahu kalau ada galaksi lain pula?
Perkiraan jawaban: Menurut saya sih ada.. Saya yakin kalau diluar galaksi ini ada kehidupan yang terpisah jauh dengan kita. Mengingat langit itu luas dan tak ada ujungnya, dan entah mereka tinggal di sebelah mana.

4. Dimana tukang sol sepatu langganan Ayah gue? Karena gue udah gak bisa nanya lagi ama beliau.. T___T

Pertanyaan nomer 4 paling ngga meaning. :|
Hehehe.
Gue rasa sih hampir semua orang punya pertanyaan masing-masing yang bingung juga siapa yang bisa menjelaskan. Saya jadi ingat kata seorang teman yang memperkenalkan pepatah di atas itu kepada saya saat saya menanyakan perihal asal usul manusia, dia cuma tertawa dan bilang,
"Mon, kalo gue bisa jawab pertanyaan lo secara tepat, mungkin sekarang gue udah kaya raya dan diundang ke berbagai talkshow. Tapi anak yang punya kemampuan melihat masa lalu aja juga bakal bingung lo tanya begitu. Lo tau nggak, semakin banyak tahu, maka semakin sadar kita bahwa banyak pula hal yang belum kita ketahui. Jadi belajarlah lo untuk menghormati misteri alam dan segala isinya." Dialog ini terjadi saat gue masih SMA dan yang gue ajak ngomong juga masih SMA.

Di lain waktu, gue pun pernah menanyakan sesuatu yang sejenis ketiga pertanyaan di atas, dan malah ditanya balik, "lah menurut lo sendiri gimana?" dan gue bilang (karena udah kehabisan argumen), "ya mungkin emang rahasia Ilahi kali!" eh yang diajak ngomong malah bales, "dasar manusia, apa-apa yang ngga kejawab pasti langsung nyalahin rahasia Ilahi. Hahaha." lah? Jadilah gue bingung.

Dan semakin tambah tua, pertanyaan-pertanyaan tak-jawab-able itu terus bertambah. Yang 3 poin di atas itu cuma seujung kuku dari pertanyaan-pertanyaan gue yang sama jumlahnya kayak pasir di laut. Entah kapan bisa kejawab.

23 comments:

  1. ini postingan isinya serius bgt sih, baru sadar. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, setahu saya hanya ada 1 pertanyaan yg belum dan tidak akan pernah terjawab..


      "APA ALASAN ALLOH.SWT MENCIPTAKAN DAN MENGONDISIKAN SEGALA HAL INI" ?????

      Bukankah DIA MAHA SEGALANYA ???
      Bukankah DIA PEMEGANG HAK MUTLAK ???
      dan bukankah hanya DIA TIDAK TERIKAT DENGAN SISTEM DUNIA-AKHIRAT ???

      Cuma itu..., iya....benar hanya itu saja...


      "Arya_Cakra"

      Delete
  2. :D keren pembahasannya, bikin saya jd ikutan mikir. saya pernah jg terlintas pertanyaan2 diatas (kecuali yg no 4, ya)cape jg mikirinnya :)) sekedar utk memuaskannya lalu saya baca kitab suci, dan cukup mengimaninya saja.. meskipun demikian hal ini selalu menggoda utk direnungi lagi dan lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. hidup kita terlalu singkat untuk memikirkan rahasia alam semesta. nikmati saja hidup ini dengan segala kejutan yang ada di dalamnya. :D

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. "Banyak jalan menuju ROMA", bayangkan jika kita sibuk memilih jalan yg mana harus kita lewati agar segera sampai di ROMA, yg ada keduluan kita mampus mikir harus lewati jalan yg mana hihihi...

    Komitmen, yakin, ikhlas dan NEKAD !!!
    lanjutkan saja langkah kita dijalan yg sudah kita lalui sampai kita benar" sampai di ROMA, maka dari sanalah (ROMA) semuanya akan jelas, jumlah jalan, panjang pendeknya, susah senangnya, siapa saja, bagaimana, kapan, dan sebagainya...

    Salam...,

    "Arya_Cakra"

    ReplyDelete
  5. Dasar bodoh. Nabi adam punya 4 anak. 2 laki laki, 2 perempuan.

    ReplyDelete
  6. Dasar bodoh. Nabi adam punya 4 anak. 2 laki laki, 2 perempuan.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Mau ngasih masukan saja, nabi Adam anaknya 2 laki-laki dan 2 perempuan. lalu Nabi nabi Adam menikahkan anak2nya..
    Ada orang2 beriman yang ikut dalam bahtera kapal Nuh..

    ReplyDelete
  9. Saya coba jwb pertanyaan pertama,-

    Dlm perikop yg sama,"Kain & Habel",Adam & Hawa baru memiliki 2 anak.
    (Kejadian 4:1-2)

    Msh bersambung lg,ternyata Kain membunuh Habel.
    (Kejadian 4:8)

    Setelah Kain membunuh Habel,jumlah manusia hanya tinggal 3 org.
    Tp bagaimana Kain bisa berkata:
    Kejadian 4:14 Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa YANG AKAN BERTEMU DENGAN AKU, tentulah akan membunuh aku."

    1)Kain tahu bhw keturunan manusia akan bertambah byk & akan memenuhi bumi:
    (Kejadian 1:28)

    2)Kain tahu bhw jika ia bertemu manusia lain,org itu pastilah saudaranya sendiri yg jg msh dlm satu keturunan dengannya,keturunan langsung dr anak-cucu Adam & Hawa.

    1)Tugas utk memenuhi bumi sdh diberikan langsung olh Allah kpd Adam & Hawa.
    (Kejadian 1:28)

    2)Hawa adl ibu dr semua yg hidup.
    (Kejadian 3:20)

    3)Setelah Adam & Hawa berdosa,semua manusia tlh berdosa,& tdk ada manusia lain yg diciptakan langsung olh Allah yg tdk berdosa.
    (Kejadian 3:22)

    4)Setelah Adam & Hawa berdosa,Allah hanya mengusir kedua org tsb dr taman Eden sebelum mereka memiliki anak & tanpa mengusir org lain lg selain mereka.
    (Kejadian 3:23)

    5)Setelah Allah mengusir Adam & Hawa,Allah tdk lg menciptakan manusia lain sebagaimana Allah menciptakan Adam & Hawa,krn semua manusia selanjutnya berasal dr keturunan Adam.
    (Kejadian 4:1-2)

    Lalu pd wkt Kain membunuh Habel,apakah Adam & Hawa sdh melahirkan keturunan2 yg lain selain Kain & Habel?
    Perhatikan bhw Set,anak Adam yg ketiga,diberikan olh Allah sbg pengganti Habel yg tlh mati.
    (Kejadian 4:25)

    Perhatikan jg bhw setelah melahirkan Set,Adam msh lg melahirkan anak2 laki2 & perempuan lainnya:
    (Kejadian 5:4)

    Maka bertemulah Kain dgn orang2 lain yg notabene msh bersaudara seketurunannya,hingga kemudian Kain bertemu dgn perempuan yg dikawininya yg jg msh bersaudara seketurunan dengannya dr garis keturunan Adam & Hawa.

    Lalu,jika ternyata Kain melahirkan Henokh & Henokh memperanakkan keturunannya yg diantaranya adl Lamekh(Kej.4:17-18), lantas dr keturunan siapakah istri Kain diperanakkan?
    & apakah istri Kain itu mmg sdh ada sebelum Set (anak ke-3 Adam) dilahirkan olh Hawa?

    Perhatikan daftar keturunan Adam s.d Lamekh:
    Lukas 3:36-38 anak Kenan, anak Arpakhsad, anak Sem, anak Nuh, anak Lamekh, anak Metusalah, anak Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan, anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.

    Meninjau ttg perkawinan saudara pd masa Adam & keturunannya mula2,perkawinan sedarah mmg blm dianggap sbg suatu kenajisan.
    Pelarangan utk hal itu baru dinyatakan olh Allah sbg ketetapan hak perkawinan & berimbas kpd kekudusan.
    Penetapannya sendiri baru terjadi pd masa penyataan Imamat 18 dgn perikop "Kudusnya Perkawinan".
    (bersambung...)

    ReplyDelete
  10. (...sambungan)

    Tinjauan scr ilmiah menyangkut kudus-tidaknya perkawinan sedarah sesudah hukum Imamat 18 ditetapkan,hal ini dinyatakan logis mengingat dampak kelainan genetik olh perkawinan sedarah yg mengakibatkan kerusakan & perubahan susunan sel tubuh yg dpt dinyatakan sbg suatu kecacatan genetik.Setelah berabad-abad,susunan kode genetik manusia semakin terpolusi seiring dgn berlipat gandanya kelainan genetik dr 1 generasi ke generasi berikutnya.
    Adam & Hawa tdk memiliki cacat genetik,sehingga sgt memungkinkan mereka & beberapa generasi mula2 utk memiliki kualitas kesehatan genetik yg jauh lbh baik dr keturunan manusia pd masa penetapan Imamat 18.
    Krn itulah,sebelum penetapan Imamat 18,Allah msh menilai bhw menikahi anggota keluarga dlm garis keturunan Adam mula2 blm cukup merusak susunan genetik manusia,sehingga Allah sendiri blm menetapkan hal tsb sbg suatu kenajisan.

    Semoga ini bisa sedikit membantu kita memahami bhw benar kita semua mmg hanya berasal dr 1 keturunan yg sama,& Allah mmg tdk pernah menciptakan manusia lain lg selain Adam & Hawa yg kemudian melahirkan & memperanakkan semua org,termasuk jg kita;keturunan org berdosa yg butuh Penebus.

    Roma 3:23-24
    Roma 5:17-21

    ReplyDelete
  11. (...tambahan)
    Baca lg Roma 5:12-19
    kemudian Roma 3:23-24.

    ReplyDelete
  12. Yg nulis blog bukanya banyak tau, tp semakin bodoh, tanpa ia sadari dia menunjukan keterbatasan ilmunya. Yg masih sangat minim.

    ReplyDelete
  13. Yg nulis blog bukanya banyak tau, tp semakin bodoh, tanpa ia sadari dia menunjukan keterbatasan ilmunya. Yg masih sangat minim.

    ReplyDelete
  14. Yang ane tau nabi adam punya 4 anak 2cowo 2cewe

    ReplyDelete
  15. 1. Asal usul manusia menurut gue:
    Manusia pertama adalah Adam. Tuhan menciptakan Adam dari tanah yg di ambil dari bumi, dibentuk terus di tiupin roh ke dalamnya. Adam tinggal di surga tapi meski tinggalnya disurga Adam merasa kesepian jadi Tuhan mencabut tulang rusuk Adam lalu dijadikanyan Hawa. Mereka berdua hidup bahagia disurga. Tapi sih Iblis tdk terimah. Bagaimana bisa si Adam bahagia sedang sih Iblis sudah di ponis Tuhan untuk masuk neraka. Jadi Iblis pun merayu Adam untuk memakan buah -aku lupa nama buahnya, mungkin buah kuldi- yg Tuhan larang untuk memakannya . Tapi Adam tdk tergoda. Sih Iblis tdk kehabisan akal, diapun mengoda Hawa lalu Hawa tergoda dan Hawa pun mengoda Adam dan diapun tergoda. Karna melanggar perintah Tuhan maka Adam dan Hawa diturungkan kebumi. Mereka diturungkan di tempat berbeda dan Tuhan pun mempertemukan mereka setelah sekian lama berpisah. Setelah bertemu mereka pun membuat anak, 2 cowok dan 2 cewek. Agar menghasilkan keturunan mereka pun di kawin silangkan. Cowok yg keren nikah dgn cewek yg jelek dan cewek yg cantik nikah dgn cowok yg jelek. Sih cowok keren tdk terimah dan membunuh si cowok jelek. Setelah membunuh dia tdk tau harus di apahkan mayat itu. Maka Tuhan mengirimkan gagak lalu si gagak mengali tanah dan mengubur gagak kedua yg sudah mati. Dia pun melakukan hal yg sama, menggali tanah terus mengubur mayat saudaranya itu.

    2. Manusia bukan berasal dari monyet, klu nenek moyang manusia adlh monyet seharusnya monyet itu sudah punah seperti dinousaurus.

    3. Ada tujuh langit dan bumi, masing2 ada mahkluk didalamnya dan kita sekarang berada di langit dan bumi pertama.

    4. Karna kamu sering bertanya ke padanya maka di pun pergi ketempat yg tdk kamu ketahui.

    ReplyDelete
  16. Yg nulis bukannya nanya tpi NGEBEGO BEGOIN diri sendiri dasar BEGO

    ReplyDelete
  17. Lu sekolahnya sama monyet kali ya jadi percaya teori si darwin xixixi

    ReplyDelete
  18. wajarlah anak muda menanyakan hal hal yang baru dan membingungkan .jangan di judges ,kalian semua dulu juga bodoh kok

    ReplyDelete
  19. Arti dari SYAHADAT:
    Tiada tuhan selain ALLAH.dan aku BERSAKSI bahwa nabi MUHAMMAD utusan ALLAH..
    Yg jdi pertanyaan,KAPAN KETEMUNYA ??KAPAN KITA MENYAKSIKANNYA ??,sedangkn yg nama'a BERSAKSI itu hrus menyaksikan secara langsung..

    ReplyDelete
  20. Bro, cba baca agama Buddha, smua pertanyaan anda pasti akan terjawab, ttg tata Surya, dan manusia pertama di bumi

    ReplyDelete
  21. Luar biasa...hrs bljr lagi...jawabannya ada...asal mau

    ReplyDelete